TEAM KREATIF PRODUCTION PADA BIRO IKLAN

1 Account Executive.

Account service adalah bagian yang bertugas untuk berhubungan dengan klien. Sedangkan orang yang bertugas melakukannya disebut Account Axecutive (AE) . AE menjalankan fungsinya sebagai perantara atau jembatan penghubung informasi antara klien dengan biro iklan.

AE menyusun dan menyampaikan brief kreatif kepada tim-tim kreatif, Menyusun strategic planning dengan melakukan riset terhadap produk, perilaku konsumen dan pemasaran produk klien. Melakukan presentasi kepada klien mengenai konsep yang telah dibuat oleh team kreatif. Seorang AE tidak hanya datang apabila diminta oleh klien tetapi harus selalu melakukan kontak dengannya.

2. Art Director

Pengarah seni atau art director adalah seorang yang mempunyai tugas untuk membuat perencanaan penampilan iklan yang akan disampaikan berdasarkan pertimbangan seni.

Art director dalam merancang tampilan suatu iklan akan bekerjasama dengan copy writer untuk menentukan pesan yang akan dipakai dalam iklannya sesuai dengan brief kreatif yang ada. Kerjasama antar art director dan copy writer ini sangat penting, karena jangan sampai masing-masing mempunyai ide yang berbeda tetapi tidak dapat disatukan menjadi sebuah ide iklan.

3. Copywriter.

Penulis naskah adalah salah satu personil dalam kreatif yang bertugas membuat naskah iklan yang persuasif dan bekerja sama dengan art drector untuk merancang layout iklan yang baik.

4. Media

Seorang Media bertugas memilih media yang tepat untuk penempatan iklan membuat perencanaan media,strategi dan taktik media.

1 comment: