“ Meningkatkan Awareness Givi Paint Sebagai Cat Tembok Yang Berkualitas Melalui Iklan Media Cetak “


BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Landasan Teori

Periklanan adalah bagian dari pemasaran yang merupakan reaksi dari situasi dan kondisi nyata yang berkembang dalam masyarakat. Sebab periklanan sangat terkait dan dipengaruhi oleh lingkungan makro, seperti social, budaya, ekonomi, politik serta kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Kleppner mengemukakan “Iklan adalah sebuah metode dan penyampaian pesan melalui media yang sifatnya nonpersonal (media massa) kepada banyak orang”
Menurut Durianto dkk (2003:2) “ Periklanan dipandang sebagai media yang paling lazim digunakan suatu perusahaan untuk mengarahkan komunikasi dengan suatu produk atau merek . Tujuan ini berupaya mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli, meskipun tidak secara langsung berdampak pada pembelian. Iklan menjadi sarana untuk membantu pemasaran yang efektif dalam menjalin komunikasi antara perusahaan dan konsumen sebagai upaya perusahaan dalam menghadapi pesaing. Kemampuan ini muncul karena adanya suatu produk yang dihasilkan suatu perusahaan bagaimana pun bagusnya suatu produk jika dirahasiakan dari konsumen maka tidak ada gunanya, konsumen yang tidak mengetahui keberadaan suatu produk tidak akan menghargai produk tersebut”.
Menurut Istijanto (2007:203) “Marketer berupaya mempengaruhi pembelian konsumen melalui pesan-pesan iklan. Pesan-pesan ini akan masuk ke dalam otak (cognitive) konsmen. Untuk bisa mempengaruhi konsumen lebih insentif maka perlu adanya keterlibatan langsung antara produk dengan konsumen”.
Menurut Jefkins (1997:15) menyimpulkan bahwa “Strategi pemasaran banyak berkaitan dengan komunikasi. Periklanan merupakan salah satu bentuk khusus komunikasi untuk memenuhi fungsi pemasaran. Untuk dapat menjalankan fungsi pemasaran, maka apa yang harus dilakukan dalam kegiatan periklanan tentu saja harus lebih dari sekedar memberikan informasi kepada khalayak. Periklanan harus mampu membujuk khalayak ramai agar berperilaku sedemikian rupa sesuai dengan strategi pemasaran perusahaan untuk mencetak penjualan dan keuntungan. Periklanan juga harus mampu mengarahkan konsumen untuk membeli produk - produk yang departemen pemasaran telah dirancang sedemikian rupa, sehingga diyakini dapat memenuhi kebutuhan atau keinginan pembeli. Secara singkat, periklanan merupakan seni menjual melalui berbagai media alternatif kepada konsumen yang dituju”.
Menurut Wright (2005:1) mengemukakan bahwa ”Iklan suatu proses komunikasi yang mempunyai kekuatan yang sangat penting sebagai alat pemasaran yang membantu menjual barang, memberikan layanan serta gagasan atau ide-ide melalui saluran tertentu dalam bentuk informasi yang persuasive”. Proses komunikasi sendiri juga harus efektif dalam menyampaikan pesan sehingga pesan yang sampai ke konsumen juga dapat dimengerti dengan cepat demi menciptakan penjualan serta keuntungan bagi perusahaan”.
Menurut Suyanto (2007:141) mengemukakan bahwa ”Proses komunikasi itu terdiri dari sembilan elemen : penyampaian pesan, penyandian, pembaca sandi, pesan, media, tanggapan, umpan balik, dan gangguan”. Komunikasi maupun iklan harus efektif karena sama-sama bentuk penyampaian pesan kepada konsumen. Jadi, periklanan yang efektif dapat membuat konsumen tertarik untuk memiliki produk yang diiklankan.
Manfaat periklanan yang efektif menurut Drianto dkk (2005:28) di dalam buku invasi pasar dengan iklan yang efektif dapat disimpulkan sebagai berikut :
1. Dapat menciptakan kesadaran pada suatu merek di dalam benak konsumen.
2. Mengembangkan atau mengubah citra personalitas dari sebuah merek.
3. Mengarahkan konsumen untuk membeli produk.
4. Mengembangkan persepsi positif calon konsumen yang diharapkan dapat menjadi pembeli potensial.
Uraian pengertian secara teori dari judul karya
“ Meningkatkan Awareness Givi Paint Sebagai Cat Tembok Yang Berkualitas Melalui Iklan Media Cetak “
Pengertian secara teori dari judul diuraikan sebagai berikut :
Awareness menurut Santosa (2002:5) ”Awareness adalah kesadaran calon konsumen akan keberadaan sebuah produk di pasar”.
Iklan cetak, bila dipisahkan. Menurut kamus Bahasa Indonesia Modern (1999:129) ”Iklan adalah adpertensi, reklame; pemberitahuan”. Sedangkan Menurut kamus Bahasa Indonesia Modern (1999:64) Cetak adalah membuat tulisan, gambar klise dsb. Yang sesudah dilumas dengan tinta lalu ditekankan pada kertas”. Jadi, Menurut kamus Bahasa Indonesia Modern dapat disimpulkan bahwa ”Iklan Cetak adalah suatu pemberitahuan kepada orang banyak yang berupa tulisan dan atau gambar klise yang sudah dilumas dengan tinta”.
Cat Tembok ,ialah jenis bahan baku yang terbuat dari 100 % acrylic emulsion paint for interior end eksterior.
Kualitas, Berasal dari kata kualitas. Kamus Bahasa Indonesia Moderen (1999:200) ”Kualitas adalah mutu baik buruk (suatu benda)”.
2.2. Perencanaan dan strategi Kreatif
2.2.1. Konsep Pasar dan Analisis Situasi

a) Profil Perkembangan Perusahaan
CV. Givi Paint adalah perusahaan yang bergelut dibidang Cat Tembok. Perusahaan ini berdiri sejak 1 tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 5 mei tahun 2008. Perusahaan ini terletak di jalan Iskandar Muda , Krematorium No. 8 Kedaung Baru - Rawa Kucing Tangerang. Perusahaan ini didirikan oleh 2 (dua ) orang pemegang saham yaitu Bapak Indra Sutanto dan Bapak Limsuihow. Beliau membawahi 21 pegawai diantaranya yaitu 1 orang supervisor dan 5 orang salesman, 5 orang marketing dan 10 orang bagian produksi.
Produk utama yang dihasilkan oleh Givi Paint yaitu Cat Tembok bermerek Givi , Perusahaan ini hanya memiliki satu merek Cat Tembok saja dan setiap kemasan produk Givi Paint telah diperbaharui kemasannya.Semua upaya itu dilakukan untuk menunjang bidang pemasaran dan membangun brand image perusahaan secara utuh. Begitu juga dengan kualitas produk, selain menjamin stabilitas kualitas produknya, Perusahaan ini juga selalu melakukan Riset untuk mencari segala kemungkinan pengembangan dalam produknya karena itu sangat penting bagi perusahaan meskipun perusahaan ini masih dalam tahap pertumbuhan
Salah satu hasil riset yang telah ditemukan oleh Givi Paint yaitu produk Cat Tembok Givi yang mempunyai keunggulan yang sangat membantu sekali dalam menjaga lingkungan karena Cat Tembok ini sangat ramah lingkungan. Cat Tembok seperti ini sangat jarang sekali ditemui. Memang ada tetapi merek Cat nya sudah ternama dan harganya pun relative mahal. Bukan hanya itu saja Cat Tembok ini pun mudah diaplikasikan, cepat kering, merekatnya lebih kuat, tahan lama, dan lebih hemat,serta aman bagi kesehatan manusia.
Produk Cat ini ditujukan untuk kalangan menengah kebawah makadari itu promosi yang dilakukan harus bersentuhan langsung dengan target audiencenya sehingga bisa tepat sasaran dan efektif, Pada promosi produk kelas menengah kebawah, Toko berperan sangat penting sekali dalam mempromosikan produk Cat Tembok ini, karena biasanya masyarakat menengah kebawah tidak mengetahui tentang suatu keunggulan produk. Produk mana yang mempunyai kualitas yang baik meskipun sebagian besar mereka telah mengetahui produk-produk cat yang ternama dan memang sudah terbukti hasilnya tetapi mereka tetap membutuhkan sesuatu yang mempunyai kualitas yang baik tetapi dengan harga yang terjangkau dari itu tokolah yang dapat mengarahkannya.
Sampai pada saat ini jaringan pemasaran Givi Paint hanya wilayah jabotabek saja dan distributor produk Cat ini hanya Toko-toko bangunan yang terkemuka diwilayah jabotabek dari toko yg kecil hingga yang besar . Harga produksi Cat Givi relatife terjangkau tetapi tetap mempunyai jaminan stabilitas produk yang baik sehingga Givi Paint selalu mengutamakan kualitas produknya. Givi Paint tidak ingin mengecewakan para pelanggannya walau bagaimana pun para pelanggannya telah membantu didalam pengembangan perusahaan ini.
Perusahaan Givi Paint telah menjalin banyak hubungan bisnis pelanggan. Semuanya dikelola secara terpusat untuk memastikan bahwa pelayanan yang diberikan sesuai dengan standar pelayanan yang ada diperusahaan setiap pelanggan telah melalui proses seleksi standar. dimulai dari survey atau observasi sampai menjadi pelanggan tetap yang saling menguntungkan kami sadar bahwa masing-masing pelanggan menuntut pelayanan yang eksklusif. Untuk memberi pelayanan yang lebih cepat meskipun memenuhi kebutuhan dalam jumlah besar dapat disediakan waktu yang sangat singkat sehingga mempermudah bagi para pelanggan dalam memasarkannya dan mengkonsumsinya dan untuk memperpendek waktu pengiriman kepada para pelanggan Givi Paint menyediakan saluran telpon dengan nomor (021) 5516483 dengan saluran telpon inilah pemesanan produk dapat dikirim.
a) Potensi Perusahaan
Givi Paint memiliki tujuan memberikan produk dengan kualitas terbaik bagi konsumen. Dengan harga yang terjangkau serta keunggulan produk dan selalu memperhatikan kepuasan konsumen. Dengan cara Hal inilah yang harus selalu diperhatikan oleh Givi Paint agar di percaya konsumen dan dikenal baik sebagai produk yang berkualitas tinggi selalu mementingkan kepuasan bagi konsumen baik pelayanan maupun dari segi produk Cat Tembok Givi.
b) Kondisi Persaingan Produk
Secara makro analisis kondisi pasar persaingan produk Cat Tembok Givi . Givi Paint harus mengalami persaingan ketat antara produk Cat Tembok sejenis. Competitor utamanya seperti womilex , vinilex ,dan lain sebagainya produk tersebut sudah lama eksis dan sudah sebagai market leader (Menguasai pasar) dalam produk Cat Tembok.Givi Paint menghandalkan produknya dengan berbagai macam keunggulan yang terkandung didalamnya dengan harga yang lebih terjangkau. Produk Cat Tembok givi memiliki banyak keunggulan yaitu diantaranya Cat Givi terbuat dari bahan material yang bermutu tinggi, dapat digunakan diluar maupun didalam ruangan, ramah lingkungan, mudah diaplikasikan, menyempurnakan dinding yang kusam, warnanya anti pudar dan tahan lama, hemat dan ekonomis, catnya dapat menambah daya tahan terhadap jamur dan lumut, catnya menghasilkan sapuan yang rata. Mempunyai beragam warna eksterior dan interior.
Hal ini yang selalu di perhatikan oleh Givi Paint, akan tetapi harga Cat Tembok Givi lebih murah dibandingkan dengan pesaing Cat Tembok sejenisnya. Walaupun Givi Paint terbilang produk Cat Tembok Givi yang masih baru tetapi Givi Paint selalu berusaha melayani konsumen secara eksklusif meskipun konsumen memenuhi kebutuhan dalam jumlah yang besar dapat disediakan waktu yang sangat singkat . Hal ini terbukti semakin meningkatnya jumlah penjualan dan pemasaran Givi Paint selalu memudahkan konsumen untuk memasarkannya dan menggunakannya.
Persepsi konsumen saat ini terhadap Cat Tembok Givi yang di produksi CV. Givi Paint Jakarta yaitu konsumen merasa aman karena produk cat tembok givi ialah cat yang ramah lingkungan, selain itu konsumen merasa puas dengan keunggulan yang terdapat di produk cat tembok Givi karena Cat Tembok Givi mempunyai banyak keunggulan yang berguna sekali untuk kebutuhan konsumen.
2.2.2. Analisa Strategi Pemasaran
a) Produk
Nama Produk : Givi
CO. Branding : CV. Givi Paint Jakarta
Kategori : Cat Tembok
Kemasan : Berbentuk ember kecil didesain secara menarik
Komposisi Givi: 100 % Acrylic Emulsion, pigmen powder ,dispersant
Ammonium polyacrylate, Kapur dan kaolin, VOC
Spesifikasi Produk : CV. Givi Paint Jakarta memproduksi Cat Tembok Givi yang memiliki 18 warna dan setiap warna tersebut memiliki angka atau kode tersendiri. Warna Cat Tembok Givi didominasi dengan warna-warna yang lembut diantaranya :
Mangga 810, Cream 821, Nice Green 820, Jeruk 809, Orchid 808, Kuning 822, Langit 802, Sweet 803, Batu Bata 806, Valintine 801, Kuning Nangka 827, Biru Laut 805, Sunset 804, Biru Cerah 825, Hijau Daun 824, Biru Muda 807, Mutiara 826, Putih Metro 823



























Cat Tembok Givi berbahan dasar 100 % Acrylic emulsion,dispersant Agent untuk mendispersant pigment powder dan dispersant Ammonium polyacrylate dan kandungan VOC ( senyawa organic dari thinner yang menguap ) , bahan ekstender atau bahan pengisi yaitu kaolin dan kapur dan lain sebagainya. Produk ini di kemas dalam ember kecil dan besar sampai saat ini produk Cat Tembok Givi yang diproduksi CV. Givi Paint Jakarta tidak mengalami perubahan baik dari segi kualitas maupun segi packaging.
Kondisi produk Cat Tembok Givi yang diproduksi CV. Givi Paint Jakarta jauh lebih baik dibandingkan dengan pesaing karena Cat Givi Paint memiliki harga yang terjangkau tetapi memiliki kualitas yang terjamin karena Cat Tembok Givi terbuat dari bahan material yang bermutu tinggi karena CV. Givi Paint Jakarta ingin memberikan yang terbaik kepada konsumen.
b) Harga
Harga yang ditawarkan oleh CV. Givi Paint Jakarta untuk produk Cat Tembok Givi yaitu sesuai dengan ukuran isi catnya. Untuk ukuran isi 5 Kg berkisar Rp 24.000 dan ukuran isi 25 kg berkisar Rp.110.000. tetapi harga - harga ini sewaktu - waktu dapat berubah.
c) Tempat dan Distribusi
Givi Paint mendistribusikan Cat Tembok Givi di setiap toko - toko bangunan dari toko yang kecil hingga toko yang besar dan Givi Paint mendistribusikan produknya hanya untuk wilayah jabotabek saja
d) Promosi
CV. Givi Paint Jakarta telah melakukan promosi Cat Tembok Givi hanya memberikan catalog dan spanduk kepada para distributor atau pelanggan tetap CV. Givi Paint Jakarta bukan hanya itu memberikan potongan harga atau diskon dalam pembelian jumlah besar CV. Givi Paint Jakarta berharap jumlah penjualan semakin meningkat maka dari itu CV. Givi Paint selalu memberikan pelayanan yang lebih cepat meskipun memenuhi kebutuhan dalam jumlah besar dapat disediakan waktu yang sangat singkat sehingga mempermudah konsumen dalam memasarkanya dan menggunakannya untuk memperpendek waktu pengiriman CV Givi Paint Jakarta menyediakan saluran telpon dengan nomor ( 021 ) 5516483 dengan saluran telepon inilah pemesanan produk dapat dikirim.
2.2.3. Analisis SWOT Produk
a) Streng (kekuatan)
1) Dengan bahan material yang bermutu tinggi menghasilkan Cat Tembok Givi Yang lebih berkualitas dan terjamin
2) Karena Cat Tembok Givi mempunyai kualitas yang baik Cat Tembok ini dapat Digunakan disegala macam tembok diluar maupun didalam ruangan seperti triplex, plester, tembok bata/semen, asbes, beton, eternity dan sebagainya
3) Produk ini sangat peduli dengan lingkungan dan berkaitan dengan kesehatan dan keamanan bagi manusia. Maka dari itu produk ini memiliki kandungan VOC ( Senyawa organic dari thinner yang menguap ) dan tidak mengandung bahan yang bersifat karsinogenik atau beracun.
4) Menyempurnakan dinding yang kusam / bulukan
5) Catnya mudah diaplikasikan jadi bisa sesuai dengan keinginan kita
6) Warna catnya tidak mudah pudar dan terbilang tahan lama
7) Daya sebar catnya sangatlah meluas sehingga cat ini lebih hemat
8) Cat ini di formalisasikan untuk menambah daya tahan terhadap jamur dan lumut
9) Catnya Menghasilkan Sapuan yang merata
10) Warna-warnanya lebih beragam dari yang eksterior dan interior
11) Harganya pun sangatlah terjangkau tetapi kualitas harus terdepan
12) Dapat memperindah hunian anda menjadi lebih indah

b) Weakness (kelemahan)
1) Kurangnya warna - warna Cat Tembok Givi hanya 18 warna saja dan warnanya pun hanya menampilkan warna - warna yang lembut atau soft tidak menampilkan warna-warna yang lebih berani atau warna yang lebih terang.
2) Cat nya tidak dapat dicuci tidak seperti produk cat sejenisnya catnya dapat dicuci dan dibersihkan
3) Tidak mempunyai aroma yang segar seperti pada umumnya cat - cat lainnya
c) Opportunity (peluang)
1) Kualitas bahan bermutu tinggi bahan terbaik, alami, tetapi tetap
dengan harga yang terjangkau
2) Pada umumnya konsumen membutuhkan cat tembok yang mempunyai banyak keunggulan karena dengan keunggulan itu konsumen dapat memenuhi kebutuhannya.
3) Peluang pemasaran masih sangat terbuka karena meningkatnya kesadaran konsumen peduli akan lingkungan didalam kehidupan
b) Threat (ancaman)
1) Belum gencarnya Cat Tembok Givi melakukan promosi-promosi dengan
beriklan sehingga kurangnya pemahaman dan kesadaran akan keunggulan Cat Tembok Givi

2) Banyaknya produk sejenis dengan menawarkan berbagai macam keunggulan dengan harga yang relative murah membuat CV. Givi Piant Jakarta sebagai competitor yang siap menyaingi produk tersebut.
3) Brand awareness terhadap produk Cat Tembok Givi masih kurang dikarenakan kurangnya promosi kepada para khalayak.
2.2.4. Tujuan Pemasaran
1) Cat Tembok Givi ingin meningkatkan angka penjualan sekitar 10% - 24% tiap tahun.
2) Menginformasikan keunggulan produk kepada khalayak
3) Meningkatkan kepuasan serta kepercayaan dengan memenuhi harapan setiap pelanggan
4) Menarik konsumen baru dari competitor
5) Membangun image pemasaran produk
6) Memperluas area disrtibusi.
2.2.5. Strategi Kreatif
a) Advertising Problem
1) Ketidaktahuan konsumen tentang keunggulan produk Cat Tembok Givi
2) Brand awareness produk Cat Tembok Givi belum di kenal masyarakat. Ketatnya persaingan antara Cat Tembok Givi dengan Cat Tembok merek lain.
b) Advertising Objective
Meningkatkan brand awareness Cat Tembok Givi sebagai Cat Tembok yang berkualitas karena cat tembok ini terbuat dari bahan mutu material yang tinggi sehingga menghasilkan suatu produk yang mempunyai banyak keunggulan.
c) Target Audience
1) Demografi : Pria
Dengan variasi kalangan usia dari remaja
hingga dewasa umur berkisar 15 - 50 Tahun.
Kelas menengah kebawah
2) Geografis : Seluruh Wilayah jabotabek
3) Psychografi : Konsumen yang belum mapan, konsumen tidak
terlalu mengetahui pengetahuan tentang produk cat tembok konsumen lebih cenderung kepada fungsional dan efisien serta hemat.
4) Behavioral :
5) Profile and Insight Consumer
Nama : Maulana
No.Identitas : 09.5208.500283.5525
Umur : 26 Tahun
Pekerjaan : Pegawai
Hobby : menggambar
Aku adalah tipe cowok pekerja keras, dan aku suka sekali mengganti warna cat kamarku, kadang kala aku merasa jenuh dengan warna cat kamarku. Mungkin dengan mengganti warna cat menjadikan suasana kamarku lebih cerah dan lebih terinspirasi apalagi warna cat kamarku berwarna-warni pasti seru.
Karena aku sukanya menggambar kadang-kadang aku sering kali mencari inspirasi dikamar ku sendiri. Terutama yang aku lihat yaitu dinding kamarku dan sekitar nya. Tapi aku kadang bingung mencari Cat Tembok yang seperti apa yang sesuai dengan keinginanku yang pasti cat tembok tersebut mempunyai warna yang bagus , hemat dan tahan lama tapi harganya tidak terlalu mahal yah agak murah saja maklum aku hanya pegawai biasa .
Pada waktu itu aku main kerumah temenku dan dirumah temenku rumahnya sedang dalam pengecetan dan aku melihat dindingnya warnanya sangat bagus sekali warnnya lebih soft lembut bikin suasana tenang dan aku Tanya sama teman ku.Merek cat apa nih ? Oh …. Ini, Givi warna catnya bagus juga yah . Keesokan harinya aku langsung membeli cat tersebut setelah aku melihat warnanya cat givi memang benar-benar bagus kualitasnya warnanya pun sangat cocok sekali dengan kepribadian aku. pokonya aku percaya deh cat givi memang bagus dan harganya pun terjangkau alias murah. Kamarku sekarang jadi indah dan aku jadi siap untuk berinspirasi lagi .
d) Positioning
Menurut kasali (2007:157) bahwa “Positioning adalah suatu proses atau upaya untuk menempatkan suatu produk, merek, perusahaan, individu, atau apa saja dalam alam pikir mereka yang dianggap sebagai sasaran atau konsumennya”.
Strategi positioning yang penulis gunakan ialah menonjolkan karakteristik mutu Cat Tembok Givi atau lebih kepada kualitas. Alasan memakai positioning ini karena Cat Tembok Givi memiliki banyak keunggulan di bandingkan produk cat tembok merek lainnya.diantara keunggulan pada Cat Tembok Givi yang lebih ditonjolkan yaitu catnya hemat, indah, dan tahan lama karena Cat Tembok ini terbuat dari bahan material yang bermutu tinggi sehingga menjadikan produknya lebih berkualitas.
e) The Support
Cat Tembok Givi adalah produk Cat tembok yang terbuat dari bahan material yang bermutu tinggi sehingga menghasilkan suatu produk yang berkualitas bukan hanya itu saja cat tembok ini juga peduli akan lingkungan memberikan rasa aman bagi kesehatan karena cat tembok ini mengandung VOC ( senyawa organic dari thinner yang menguap )
f) Competitor
Competitor 1
1) Jenis produk : Cat Tembok
2) Nama Merek : Womilex
3) Spesifikasi Produk : 100 % acrylic emulsion paint
Harga Interior Rp. 375.000,-/25 kg
Eksterior Rp. 445.000,-/25 kg
4) Tagline : “Need inspiration”
5) Target Audience : Pria Remaja hingga Dewasa 17 -50 tahun
Dari kalangan menengah keatas.
6) Strategi Pesan Iklan : melalui iklan media cetak,dan internet
Competitor 2
1) Jenis Produk : Cat Tembok
2) Nama Merek : Vinilex
3) Spesifikasi Produk : 100 % acrylic emulsion paint
Harga Rp. 250.000,- /25 kg
4) Tagline : -
5) Target Audience : Pria
Remaja hingga Dewasa 17-50 tahun
Dari kalangan Menengah keatas
6) Strategi Pesan Iklan : belum beriklan
g) Brand Character
Cat Tembok Givi produksi CV. Givi Paint Jakarta dengan merek Givi ini memiliki karakter:
1) Berkualitas tinggi,karena mempunyai banyak keunggulan
2) Aman bagi kesehatan karena produk ini sangat peduli akan lingkungan
3) Keunggulan yang lebih ditonjolkan yaitu catnya lebih hemat, indah, dan tahan lama
4) Cat Tembok Givi mempunyai beragam warna - warna yang lembut
h) Big idea
“Cat Tembok yang lebih berkualitas”
Cat Tembok merek Givi memiliki banyak keunggulan karena Cat Tembok ini terbuat dari bahan material yang bermutu tinggi sehingga menjadikan produknya lebih berkualitas
i) Tone and Manner Communication
Gaya bahasa yang di gunakan dalam penyampaian pesan iklan ini adalah nonformal dan menggunakan pendekatan lebih emosional.
j) Mandatories
1) Merek produk
2) Bentuk Produk
3) Nama perusahaan/ baseline
4) Tagline
2.3. Standar Visual dan Spesifikasi Perancangan Iklan
2.3.1 Advertising Message
Iklan ini ditujukan kepada masyarakat khususnya konsumen Cat Tembok agar lebih mengetahui keunggulan produk diantaranya keunggulan dari produk cat tembok Givi yang lebih di tonjolkan yaitu catnya lebih Hemat, indah, dan tahan lama. Dengan keunggulan tersebut mengharapkan konsumen dapat tertarik untuk membeli produk Cat Tembok tersebut.

2.3.2 Standar Visual Iklan
Versi I : “Tetesan cat Givi ”
a) Konsep Visual Iklan (story line)
Iklan versi I “ Tetesan Cat Givi ” ini menceritakan sebuah tetesan cat tembok yang berisikan sebuah rumah dengan cat tembok berwarna ungu yang sama dengan tetesan cat tersebut. Karena Cat Tembok Givi bersifat hemat maka tetesan cat tersebut menggambarkan kehematan sebuah produk. Bahwa dengan mengecat dinding rumah tidak memerlukan banyak cat cukup dengan tetesan Cat Tembok Givi dinding rumah bisa teratasi dan lebih berwarna.
a) Lay Out
Lay out versi “ Tetesan Cat Givi ” ini menggunakan jenis lay out picture window karena tata letak iklan dimana produk tetesan cat tembok givi yang diiklankan ditampilakan secara close up dan menggunakan kiasan sebuah rumah. Yang dimaksud didalam iklan versi “Tetesan Cat Givi ” ini lebih memfokuskan pada keunggulan Tetesan Cat Tembok Givi dan sebuah rumah yang berada didalam tetesan cat tersebut.
b) Headline
Jenis headline yang digunakan dalam versi “Tetesan Cat Givi ” ini adalah “ Rasakan Indahnya Hunian Anda dengan Tetesan Cat Givi ” penggunaan headline tersebut menjelaskan tentang kualitas yang diberikan oleh Cat Tembok Givi agar masyarakat percaya bahwa produk Cat Tembok Givi lebih Hemat dibandingkan cat merek lain.
c) Tag line
Tag line yang digunakan dalam iklan versi “Tetesan Cat Givi ” ini adalah “ Hemat, Indah , Tahan Lama ” menggunakan tag line ini Karena cat tembok Givi terbuat dari bahan material yang bermutu tinggi sehingga menghasilkan sebuah produk yang lebih berkualitas.
d) Baseline
Baseline yang digunakan pada iklan versi ” Tetesan Cat Givi ” Givi emulsion Paint For interior & eksterior dan CV.Givi Paint Jakarta
Versi II : “ Perubahan warna pada kulit zebra”
a) Konsep Visual Iklan (Story line)
Iklan versi “ Perubahan warna pada kulit zebra ” ini menceritakan perubahan warna kulit zebra yang awalnya hitam menjadi warna ungu karena zebra tersebut sedang melihat sebuah cat tembok yang bermerek Givi karena keindahan warna cat tersebut pada akhirnya seekor zebra merelakan warna kulitnya menjadi warna ungu. Hal ini dimaksudkan karena Cat Tembok Givi memiliki warna- warna yang indah sehingga dapat menciptakan sebuah keindahan yang lebih berwarna.
b) Lay Out
Lay out versi “Perubahan Warna pada kulit zebra” ini menggunakan jenis lay out picture window yang berupa 2/3 bidang layout berupa gambar. Hal ini dikarenakan tata letak iklan dimana produk yang di iklankan ditampilkan secara close up dan mengunakan produk Cat Tembok Givi itu sendiri. Zebra yang merubah warna kulitnya menjadi warna ungu yang dimaksudkan lebih memfokuskan pada keunggulan yang diberikan oleh sebuah produk Cat Tembok Givi. Yaitu hanya melihat keindahan warna cat tembok Givi seekor zebra merelakan dirinya untuk merubah warna kulitnya yang awalnya hitam menjadi warna ungu seperti warna cat tembok tersebut.
c) Headline
Jenis headline ini adalah “ Keindahan Cat Givi mengubahnya menjadi lebih berwarna ” penggunaan headline tersebut menjelaskan tentang keunggulan Cat Tembok Givi yang memiliki warna-warna yang indah. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat mengetahui tentang keunggulan produk Cat Tembok Givi dan tentang warna - warna Cat Tembok Givi yang indah.
d) Tagline
Tagline yang digunakan dalam iklan versi “ Perubahan Warna pada kulit zebra ” ini adalah “ Hemat, Indah, Tahan Lama ” menggunakan tagline ini dikarenakan produk Cat Tembok Givi ini memiliki kualitas yang baik. Karena Cat Tembok Givi terbuat dari bahan material yang bermutu tinggi dan dengan banyaknya beraneka ragam warna yang lembut menjadikan Cat Tembok Givi menjadi pilihan konsumen didalam memenuhi kebutuhannya
e) Baseline
Baseline yang digunakan pada iklan versi ” Tetesan Cat Givi ” Givi emulsion Paint For interior & eksterior dan CV.Givi Paint Jakarta
2.3.3 Spesifikasi Perancangan
Versi I : “ Tetesan Cat Givi ”
a) Daya tarik pesan dan Gaya penyampaian
Daya tarik yang digunakan pada iklan versi “ Tetesan Cat Givi ” yaitu dengan menggunakan daya tarik emosional. Tetesan cat disini adalah sebuah perumpamaan dari keunggulan produk Cat Tembok Givi yang mengandung arti sebuah keunggulan cat yang hemat karena daya sebarnya luas tetapi dapat menghasilkan keindahan Alasannya untuk menarik minat konsumen untuk menggunakannya .
Gaya penyampaian pesan demonstrasi yang mononjolkan tentang kualitas produk Cat Tembok Givi yang lebih hemat dengan pendekatan emosional dan dengan menggunakan bahasa nonformal. Alasannya karena lebih sederhana, sopan yang dimaksudkan untuk menarik konsumen melalui perasaannya.
b) Teknik Illustrasi
Teknik illustrasi yang digunakan pada pembuatan iklan cetak Cat Tembok Givi versi “ Tetesan Cat Givi ” ini berawal dari mengambil gambar melalui kamera digital. Lalu diedit dengan menggunakan teknik photoshop.
c) Warna
Warna yang digunakan pada pembuatan iklan cetak Cat Tembok versi
“ Tetesan Cat Givi ” ini adalah background pada warna kuning dan warna ungu muda tetesan dan dinding rumah. Alasannya karena warna ungu muda berkarakter lembut , ringan dan menyenangkan warna ini digemari oleh mereka yang berjiwa unik, seperti desainer , entertainer,dan mereka yang memiliki kemampuan artistik yang tinggi yang lembut dan enak dilihat oleh mata bagi yang melihatnya. Sedangkan warna kuning menampilkan nuansa keceriaan Warna ungu menggambarkan ketertarikan dan kehangatan yang diberikan oleh Cat Tembok Givi. Sehingga secara tidak langsung memberikan ketertarikan tersendiri dan kehangatan yang diberikan oleh produk Cat ini karena cat tembok ini terbuat dari bahan material yang bermutu tinggi dan lebih berkualitas. Sedangkan tulisan menggunakan Warna putih dikarenakan untuk mempertegas tulisan dari kata “Hemat, Indah, Tahan Lama” selain itu juga agar terbaca dengan mudah oleh konsumen.

d) Tipografi
Tipe tulisan yang digunakan pada pembuatan iklan cetak Cat Tembok Givi versi “ Tetesan Cat Givi ” ini adalah Pada headline “Rasakan Indahnya Hunian Anda Dengan Tetesan Cat Givi ” menggunakan jenis huruf Amethyts bold italic , ukuran 18,19 Pt, warna putih. Pada tag line “Hemat, Indah,Tahan Lama ” iklan versi “Tetesan Cat Givi ” menggunakan jenis huruf Bn, Machine, ukuran 29,33 pt. baik headline menggunakan tipe tulisan seperti itu agar para konsumen dapat membaca tulisan tersebut dengan mudah.
Versi : “Perubahan Warna Pada Kulit Zebra”
a) Daya tarik pesan dan gaya penyampaian
Daya tarik yang digunakan pada iklan versi “Perubahan Warna Pada Kulit Zebra” yaitu menggunakan produk itu sendiri dan seekor zebra. Hal ini menjelaskan tentang keindahan warna Cat Tembok Givi karena keindahannya warna cat Givi seekor zebra merelekan warna kulitnya awalnya hitam menjadi warna ungu . hal Ini dimaksudkan untuk menarik minat konsumen untuk membeli produk Cat Tembok Givi. Gaya penyampaian pesan demontrasi yang mononjolkan tentang kualitas produk Cat Tembok Givi yang indah dengan pendekatan emosional dan dengan penggunaan bahasa nonformal alasannya karena lebih sederhana dan sopan.
b) Teknik Illustrasi
Teknik illustrasi yang digunakan pada pembuatan iklan cetak Cat Tembok Givi versi “ Perubahan Warna Pada Kulit Zebra ” ini berawal dari mengambil gambar melalui kamera digital, lalu di edit dengan menggunakan teknik photoshop.


c) Warna
Warna yang digunakan pada pembuatan iklan cetak Cat Tembok Givi versi “Perubahan Warna Pada Kulit Zebra” ini adalah background warna abu - abu dan warna ungu kulit zebra . Alasannya karena warna abu -abu menampilkan kesederhanaan dan intelek hampir sama dengan warna masa depan yaitu millennium dan warna abu-abu ialah warna yang mudah dilihat oleh mata dan sedangkan warna ungu tua dapat dibilang ungu agak kebiruan ialah warna yang dipakai untuk sesuatu yang sakral jadi warna ini bukanlah warna yang biasa warna ini mempunyai makna tersendiri atau disebut juga warna yang special tetapi tetap warna ini enak dilihat oleh mata yang melihatnya. Warna ungu tua menggambarkan ketertarikan dan warna yang special yang diberikan oleh produk Cat Tembok Givi. Sehingga secara tidak langsung menyampaikan pesan bahwa Cat Tembok merek Givi ini memberikan warna yang spesial bagi konsumen yang mengkonsumsinya sehingga menjadikan warna yang lebih indah yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Warna putih dan warna hitam digunakan untuk mempertegas tulisan dari “Hemat ,Indah, Tahan Lama” selain itu juga agar terbaca dengan mudah oleh konsumen.


d) Tipografi
Tipe tulisan yang digunakan pada pembuatan iklan cetak Cat Tembok Givi versi “Perubahan Warna Pada Kulit Zebra” ini adalah tulisan pada headline “ Keindahan Cat Givi mengubahnya menjadi lebih berwarna” menggunakan jenis huruf Blitis , ukuran 32 pt warna hitam . Pada tag line ” Hemat ,Indah, Tahan Lama” menggunakan huruf Ballon Ekstra, 20,95 pt, warna Putih . Baik headline maupun tag line menggunakan tipe tulisan seperti itu supaya para konsumen dapat membaca tulisan tersebut dengan mudah.
2.3.4. Justifikasi Strategi Kreatif Iklan
Justifikasi strategi iklan versi ” Tetesan Cat Givi ” termasuk kedalam jenis strategi produk oriented USP (uniq selling point), dengan menggunakan manfaat yang unik dari produk Cat Tembok Givi. Alasannya karena manfaat yang diperoleh jika konsumen menggunakan produk Cat Tembok Givi adalah lebih , hemat, indah dan tahan lama karena produk ini mempunyai daya sebar yang luas sehingga tidak perlu memerlukan cat tembok yang banyak dan juga warna catnya dapat menghasilkan warna yang indah antipudar sehingga warna catnya tahan lama .selain itu harganya pun terjangkau . Jadi konsumen tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan Produk Cat Tembok Givi karena Cat Tembok Givi memiliki Kualitas yang baik serta terjamin

2.4. Konsep Media
2.4.1 Tinjauan Media
“ Dalam periklanan, hal ini yang paling penting adalah dimana iklan nantinya akan ditempatkan. Karena itu diperlukan yang namanya media. Media dalam periklanan sangatlah beragam, akhir-akhir ini bahkan ditemui banyak sekali media dengan berbentuk sangatlah beragam. Media iklan ini dapat menjadi beberapa bagian diantaranya media lini atas (above the line) dan media lini bawah (below the line) media lini atas terdiri dari media cetak (majalah, surat kabar) media elektronik (tv, radio) serta media luar ruangan (papan, reklame, angkutan) sedangkan media lini bawah terdiri dari seluruh media selain media lini atas seperti direct mail, catalog, point of purchase, pameran, brosur, kalender, agenda, gantungan kunci atau tanda mata”. Yang dikutip dari Kasali (1992).
Peranan media cetak untuk iklan Cat Tembok Givi ini adalah untuk meningkatkan penjualan Cat Tembok Givi pada perusahaan CV. Givi Paint Jakarta, karena dengan melalui iklan cetak khususnya media lini atas seperti Super Indo, Femina, Kartini, Ibu&Anak. Sedangkan kegunaan media cetak sendiri yaitu iklan dapat dilihat setiap saat konsumen butuhkan karena dapat di simpan dalam jangka waktu panjang disamping itu juga menampilkan visual yang menarik.
Menurut Terence A shimp untuk mendapatkan kriteria media nyang tepat perlu mempertimbangkan strategi media yang tepat pula diantaranya :
a. Memilih audience
b. Menspesifikasikan tujuan media
c. Memilih kategori media dan sarana
d. Membeli media
Setelah mempertimbangkan Strategi media perlu diketahui bahwa tugas utama bagi media sebelum menetapkan media mana yang akan digunakan adalah:
a. Menggunakan media Placement (umum)
b. Melakukan pembelian media (media buying)
c. Merencanakan dan memilih media-media yang akan dipasang iklannnya ( media planning)
d. Melakukan monitoring terhadap iklan-iklan yang ditayangkan (media monitoring).
2.4.2 Strategi Eksekusi Media
Dalam menempatkan iklan pada suatu media memerlukan suatu perencanaan agar pesan dalam periklanan mampu mencapai khalayak sasaran pada waktu, tempat dan saluran yang tepat. Cat Tembok Givi memilih media lini atas dan lini bawah , media cetak lini atas yaitu (surat kabar dan tabloid ). Sedangkan media cetak lini bawah (brosur dan catalog) sebagai media komunikasi yang utama.
a. Strategi Media
1. Menggunakan print media ( surat kabar, Tabloid ,brosur,catalog )
2. Dipilih media print karena dinilai tepat menjangkau target audience.
3. Media print banyak dibaca oleh target audience.
b. Media Karakteristik
1. Memiliki distribusi yang bersifat rasional wide.
2. Memiliki karakter target audience yang dinamis, aktif, bersosialis, berwawasan luas, kritis, diberbagai bidang kehidupan dan memperhatikan kesehatan.
Pemilihan media yang penulis sarankan adalah print Ad yang sudah tersegmentasi sehingga kemungkinan untuk target market terkena exposure lebih besar. Adapun media yang digunakan antara lain :
1. Surat kabar kompas
2. Tabloid Rumah
3. Brosur
4. Catalog
Karena keempat media cetak tersebut dinilai sangat tepat dalam menjangkau dan banyak diminati oleh target audience.
2.5 Eksekusi Perancangan
2.5.1 Pertimbangan Pemilihan Karya
Menurut hasil eksekusi karya iklan penulis membuat 6 buah karya iklan cetak diantaranya yaitu versi Tetesan cat givi, Perubahan warna pada kulit zebra, Daya sebar cat givi , Jempol oke, Rumah indah, Serupa tapi tak sama.
Berdasarkan dari hasil pemilihan CV. Givi Paint Jakarta memilih iklan versi I“ Tetesan Cat Givi “ dan versi II “ Perubahan warna pada kulit zebra”. Yang diwakili oleh Bapak Indra Susanto, selaku HRD Manager CV. Givi Paint Jakarta
Sedangkan untuk eksekusi iklan Cetak produk Cat Tembok Givi adalah dengan memakai media cetak (surat kabar dan tabloid) dengan skala nasional seperti :
a. Print Ad versi ” Tetesan Cat Givi ” memakai surat kabar kompas dengan ukuran luas 4 x 270 mmk (FC) dan tabloid rumah dengan ukuran dispalay ½ hal (FC) sedangkan brosur berukuran A 4 dan catalog berukuran letter
b. Print Ad versi ” Perubahan Warna Pada kulit zebra ” memakai dengan ukuran luas 4 x 270 mmk dan dengan ukuran display ½ hal (FC) sedangkan brosur berukuran A 4 dan catalog berukuran letter
2.5.2 Karya Iklan
a) Versi I : “Tetesan cat Givi”
b) Versi II : “ Perubahan Warna pada kulit zebra “









a) Gambar II. I Karya Iklan Cetak Versi : “Tetesan Cat Givi ”



Gambar II. 2 Karya Iklan Cetak Versi : “Perubahan Warna pada Kulit Zebra”



2.6 Time Table dan Anggaran Produksi
2.6.1 Time Table
No Tahap Kegiatan Oktober
I II III IV
1.

Pra Produksi

Bertemu Klien

2. Internal Brief

3. Brainstorming dan Brief

4. Naskah

5. Internal Review


6. Proposal


7. Presentasi ke Klien

8. Revisi

9. Presentasi (persetujuan produksi)

10. Bimbingan





No Tahap Kegiatan Oktober



Produksi

I II III IV
1. Pengambilan gambar foto

2. Membuat sketsa gambar

3. Membuat gambar dengan Photoshop

4. Cuci cetak / Scanning

5. Bimbingan





No Tahap Kegiatan Oktober


Pasca Produksi

I II III IV
1. Transfer gambar ke komputer

2. memilih gambar

3. Warna

4. Pemilihan huruf

5. Lay out

6. Penyelesaian Awal

7. Penyelesaian Akhir

8. Presentasi ke Klien (approval)

9. Penyusunan Laporan




10. Bimbingan





2.6.2 Anggaran Produksi
No. PRA PRODUKSI UNIT Rp. Total Keterangan
1. Kertas letter 1 Rim 25.000 25.000 Untuk print tiap bimbingan
2. Flash Disk 4 Gb 115.000 115.000 untuk menyimpan data

No Produksi Unit Rp Total Keterangan
1. Baterai Alkalien 4 5000 20.000 Untuk memotret
2. scanner 5 3000 15.000 Untuk data-data

No Pasca Produksi Unit Rp Total Keterangan
1. Cetak Awal 50 1000 50.000
2. Cetak Akhir 60 1000 60.000
3. Cetak Karya 18 13.000 234.000

TOTAL 519000

2.7 Kendala dan Pemecahannya
2.7.1 Kendala Yang Dihadapi Selama Mengerjakan Karya
a) Penulis memiliki keterbatasan waktu dalam penyusunan tugas akhir ini
dikarenakan Penulis hanya diberi waktu sebulan untuk menyelesaikan
penyusunan Tugas Akhir ini.
b) Sulitnya mendapatkan buku-buku refrensi dikarenakan masih langkanya buku - buku periklanan.
2.7.2 Cara Yang Dilakukan Untuk Menyelesaikan Kendala
a) Mengatur waktu dengan baik, dengan cara membuat jadwal dalam membagi waktu antara klien dan penyusunan tugas akhir ini.
b) Mencari ditoko buku, mencari di interent, perpustakaan kampus lain.

No comments:

Post a Comment