STRATEGI KREATIF PEMBUATAN IKLAN

PENDAHULUAN

Setelah Anda mengetahui berbagai komponen dalam jaringan iklan, kini saatnya Anda belajar menjadi orang-orang kreatif dalam sebuah Biro Iklan. Karena Anda mahasiswa sastra Indonesia, yang memiliki latar belakang keahlian bahasa, maka pekerjaan kreatif yang difokuskan di dalam modul ini adalah copywriter, atau penulis naskah iklan.

Dalam ingatan kita, terdapat beberapa slogan iklan yang masih melekat dalam benak kita. Jika kita mendengar kata "How Low Can You Go", " Bukan Basa Basi", kita langsung teringat dengan produk rokok A-Mild. Kita selalu ingat produk susu Dancow dengan slogan "Aku dan Kau suka Dancow". Kita juga ingat dengan slogan "Susu Saya Susu Bendera". Dua slogan susu ini, ditayangkan dalam bentuk jinggle.

Saudara, penciptaan slogan iklan yang mampu membuat orang selalu mengingatnya walaupun iklan itu sudah ditayangkan lagi, merupakan suatu pekerjaan yang sukses. Meskipun, pemakaian bahasa dalam slogan itu pendek, namun pembuatan tersebut dirancang dalam sebuat konsep strategi kreatif pembuatan iklan yang cermat.

Dalam modul ini Anda akan belajar strategi kreatif pembuatan iklan, yang terdiri dari beberapa kegiatan belajar, sebagai berikut.

Kegiatan belajar 1: Proses Kreatif Pembuatan IKlan

Kegiatan belajar 2: Bahasa dalam Iklan

Kegiatan belajar 3: Brand dan Positioning

Kegiatan Belajar 4: Rumus Iklan yang Baik

Usai mempelajari modul ini, Anda sebagai mahasiswa Sastra Indonesia, diharapkan dapat mengungkapkan proses kreatif pembuatan iklan, bahasa dalam iklan, positioning dan brand, serta mampu mengidentifikasi iklan yang baik. Dapat dikatakan setelah Anda mempelajari modul ini, Anda dapat:

1. mengungkapkan proses kreatif pembuatan iklan

2. menerapkan penggunaan bahasa untuk iklan

3. mengungkapkan positioning dan brand

mengidentifikasi iklan yang baik


http://peni-usd.vox.com/library/posts/tags/modul+2/

No comments:

Post a Comment