IKLAN DALAM MEDIA

PENDAHULUAN

Setelah Anda memperlajari strategi kreatif dalam pembuatan iklan, kini saatnya Anda memasuki kerja kreatif pembuatan iklan. Iklan yang kita buat harus sesuai dengan media yang kita pilih untuk pemuatannya.

Secara garis besar media iklan dibagi menjadi dua, yaitu

1. Media lini atas, yang terdiri dari iklan-iklan yang dimuat di media cetak (surat kabar dan majalah), media elektronik (radio, TV, dan film yang diputar di bioskop), serta media luar ruang (papan reklame dan angkutan).

2. Media lini bawah, yang terdiri dari seluruh media selain media di atas. Media lini bawah meliputi direct mail, pameran, point of sale display material, kalender, agenda, gantungan kunci, blocknote, tas, jam dinding, dan tanda mata yang lain.

Dalam modul ini, kerja kreatif pembuatan iklan dibatasi pada iklan yang dimuat di media lini atas. Iklan di media lini atas ini pun hanya difokuskan pada iklan media cetak serta iklan media elektronik yang terdiri dari iklan radio dan televisi. Hal ini didasarkan pada perbedaan yang berarti akan karakteristik dari iklan di tiga media tersebut. Dengan demikian, modul ini terdiri dari tiga kegiatan belajar, yang terdiri:

1. Kegiatan Belajar 1: Iklan Media Cetak

2. Kegiatan Belajar 2: Iklan Radio

3. Kegiatan Belajar 3: Iklan Televisi



Usai mempelajari modul ini, Anda sebagai mahasiswa Sastra Indonesia, diharapkan dapat membuat dan merancang iklan untuk media cetak, radio, dan televisi. Dapat dikatakan setelah Anda mempelajari modul ini, Anda dapat:

1. membuat iklan di media cetak

2. merancang iklan di media radio

merancang iklan di media televisi




http://peni-usd.vox.com/library/posts/tags/modul+3/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar