Tips Memacu Ide Kreatif

Anda pasti pernah berpikir gimana sih cara mendapatkan ide? Walo udah berusaha keras untuk mendapatkannya seringkali pertanyaan itu nggak terjawab. Biasanya, sesekali saya meluangkan waktu barang sbentar untuk berpikir sendiri dan menanyakan pada diri sendiri, dimana saya bisa mendapatkan kreativitas? ( di warung kopi cepu ) Bagaimana saya dapat memacu kekreativitasan yang saya miliki? ( sambil minum kopi kothok ) Intinya seperti meditasi ringan.

Sometimes saya membuat sebuah catatan kecil yang isinya tentang dimana saya mendapatkan ide dan inspirasi. Dalam dialek Cepu disebut Mind – Mapping (memetakan pikiran). Nah, setelah pikiran ter-petakan, barulah saya eksplore satu – satu. Disini saya sajikan tips gimana memacu ide – ide kreatif Anda dalam hal desain. Caranya simple, tapi ampuh. Lets check it out!
Menenangkan Pikiran ( Rileks )

Luangkan waktu sebentar, lakukan suatu hal yang bisa membuat Anda senang dan santai. Kegiatan yang bikin saya tenang, contohnya : jalan – jalan di mentul Cepu, berenang di Nglajo, atau liat cewek – cewek Cepu yang lagi tebar pesona sambil minum kopi kothok. Lakukan terus sampai Anda mempunyai Mood yang bagus.
Menenangkan Hati ( Perasaan )

Lakukan sesuatu yang bisa memotivasi diri Anda, sehingga nanti akan muncul energi positif yang bisa memicu munculnya ide kreatif. Misalnya, beribadah.
Mengumpulkan Imajinasi

Imajinasi adalah visualisasi tingkat tinggi. Cobalah untuk menutup mata Anda dan bayangkan Anda sedang berada di suatu tempat yang menurut Anda indah. Lihat warnanya, teksturnya, dan pegang sesuatu seakan – akan Anda memegangnya. Lalu dengarkan perasaan Anda. Apa yang Anda dengar? Bau apa yang Anda cium? Dan lain – lain. This makes you more relaxed and gives you gratitude also.
Kerjakan Sesuatu Yang Ringan

Kerjakan kegiatan Anda sehari – hari seperti biasanya sambil fokuskan pikiran Anda untuk mencari ide. Misalnya makan, mandi sambil nyanyi – nyanyi, membersihkan tempat tidur, nyapu teras, nongkrong bengong, ngegosip dengan ibu – ibu perumahan, dll. Dijamin, ide kreatif pasti muncul dengan sendirinya.
Berfikir Inspiratif

Latihlah diri sendiri untuk melihat sesuatu yang menggerakkan emosi Anda. Baca majalah desain, browsing di situs showcase atau css gallery, pergi ke art gallery, baca sesuatu yang menginspirasi, berbicaralah dengan seseorang yang bisa membuat Anda nyaman. Tapi ingat, jangan berbicara sendiri. :-)
Gambarlah Sesuatu

Gambarlah sesuatu, apa saja. Hal ini dapat mempertajam naluri Anda sebagai desainer. Menggambar juga bisa melatih Anda untuk melihat sesuatu dengan cara berbeda atau sesuai dengan imajinasi Anda. Menggambar muka sendiri juga boleh. :-)
Lihat Alternatif Lain

Latihlah untuk bertanya pada diri Anda sendiri bagaimana melakukan segala sesuatu dengan cara berbeda. Ketika Anda mendapatkan solusi tentang suatu permasalahan desain, tanya diri Anda sekali lagi, “apakah ada alternatif lain untuk melakukan hal ini?”. Bangun sikap mental Anda sebagai seorang desainer dengan prinsip “there is always another way”. Ceileee… :-)
Bersikap Terbuka

Jangan sekali – kali mematikan ide – ide yang datang ke pikiran Anda. Do not make judgments about it. Karena ide – ide yang datang ini akan menambah ide kreatif Anda untuk memulai mendesain.
Berfikir Di Atas Kertas

Mulailah dengan mencatat ide Anda. Tulis apa saja yang ada di pikiran Anda : acak kata, frase, ide, sentuhan dll. Hubungkan dengan sebuah diagram. Ketika inspirasi ditemukan, ikuti saja. Jika tiba – tiba saja Anda mendapat ide atau alternatif lain, tulis saja di kertas itu atau tulis pada halaman baru.

Semoga bermanfaat. Kalo mau copas silakan, tapi syaratnya tau dong. Cantumkan sumbernya ya. Cz gw udh capek - capek nulis. :-)


Sumber : http://cahcepu.com/tips/tips-memacu-ide-kreatif

No comments:

Post a Comment